“Tips Berbagi Kebahagiaan”

Oleh: Syaiful Bahri
Caranya gampang..!! enggak usah pake mikir. Cuma dilakuin aja. Mudah kok! Salah satu caranya seperti yang ada di dalam video di atas. Kejutan ulang tahun emak yang ke 72.

Serukan?! Bisa dilihat bagaimana kebahagiaan itu. Bahagia itu sederhana. Bisa lewat sepotong roti. Kalau di video itu sih sebuah kue tar, yang dibeli dari patungan anak-anak. Enggak semua anak ikutan loh, namanya aja kejutan. Ada juga yang enggak tahu. Buktinya seperti saya. enggak tahu ada rencana kejutan itu. Padahal saya yang satu rumah ama emak, enggak dikabarin. Yah, saya enggak ada di rumah waktu kejutan ini dibuat. Hehh….. J

Intinya begini. Yang ngerencanai kejutan, bahagia. Yang dikejutkan, bahagia. Yang tidak ikutan dalam rencana kejutan, juga bahagia. Jadi semua merasa bahagia. Haruu tahu!

Nah, sekarang saya akan berbagi dikit lagi nih tentang tips berbagi kebahagiaan.

1.      Membuat kejutan
Kalau tips pertama ini sudah kita bahas di atas. Tentunya siapapun pasti sangat senang kalau dibuat kejutan di hari spesialnya. Misalnya di hari ulang tahun, Di hari usia perkawinan, Disaat sedang sendirian. Dikala sedih. Momentnya bisa macam-macam. Tapi intinya adalah membuat orang yang dikejutkan merasa spsesial dan istimewa.

2.      Memberi hadiah
Siapa sih yang mau menolak hadiah. Semua orang pasti senang bila diberi hadiah. Tidak hanya anak-anak SD saja yang merasa bahagia dapet buku tulis ama pulpen ketika menjadi rangking di kelasnya.  Para koruptor itu juga akan bahagia bila mendapat hadiah remisi pengurangan masa tahanannya di penjara. Apalagi kalau orang-orang miskin yang tidak mampu. Ketika diberi sebuah hadiah rumah, wow pastilah kebahagiaannya tidak ketulungan. Seperti yang ada di acara-acara TV itu. Memberi hadiah sebungkus coklat untuk pacarpun sudah membuat pacar sangat senang karena ia merasa special dan diperhatiin. Itu pengalaman yang pernah saya lakukan. Hehe….bahagianya walaupun si coklat udah mencair. Baca juga: Tips Bersyukur Ditengah Ketiadaan

3.      Memberikan DisKon
Nah, kalau yang ini pasti semua udah pada tahu. Umumnya para pelaku usaha pada rame-rame memberikan diskon besar-besaran menjelang hari raya. Ini sangat disukai bagi pecinta diskon. Tapi bagaimana kalau diskon itu diberikan saat tawar menawar sedang terjadi. Lalu si penjual mengatakan, “Untuk ibu saya beri Diskon separuh harga, karena sudah menjadi langganan kami.”  Wow, si ibu tentu bahagia karena dia bisa dikasih diskon lagi terus menerus kalau belanja lagi. Hehe….jadinya mau belanja melulu.

4.      Memberi Gratisan
Siapa yang enggak mau kalau diberi pulsa gratis. Makan dan minum gratis. Sembako gratis. Wuih pasti rame yang datang. Coba aja. kasih tuh Androidmu ama teman yang baru kehilangan handphone. Gratis. Enggak pake nyicil. Pasti temanmu pake meluk, dan berkata, “kamu emang sahabatku yang paling baik dan ngertiin aku.” Hihi… padahal ia enggak tahu kalau androidmu itu cicilannya belum lunas.

5.      Memberi Pertolongan
Kalau kamu lagi asik di atas motormu, tiba-tiba kamu melihat ada seorang ibu ama anaknya ketakutan mau nyebrang jalan yang arusnya padat banget. Terus kamu berhenti dan nolongin tuh ibu sama anaknya nyebrang jalan. Tentu si ibu sangat berterima kasih sekali karena kamu udah nolonginnya. Rupanya si ibu trauma nyebrang jalan karena suaminya pernah ketabrak motor saat hendak menyebrang dijalan yang sama di depan matanya. Nolongin orang nyebrang jalan kamu udah dapatin pahala, apalagi nolongin orang yang lagi susah hidupnya. Tentulah orang yang kamu tolong sangat senang dan bahagia. 

6.      Mengucapkan Terima kasih
Sebagai balas budimu kepada orang lain, walau sekecil apapun yang udah diberikan. Maka ucapkanlah terima kasih. Karena itu pernyataan penghargaan yang enggak bisa dibayar. Apabila ucapan itu disampaikan dengan hati yang tulus. Orang yang mendengarkan akan sangat senang mendengarnya. Maka banyak-banyaklah mengucapkan terima kasih kepada orang lain. Bukan hanya sebagai penerima tapi juga sebagai pemberi. Diposisi apapun kamu ucapan ini sangat ampuh mendatangkan kebaikan-kebaikan yang lain.


7.      Mendoakan
Tips ini adalah Tips terakhir yang saya sampaikan. Tips ini sangat ampuh buat kebahagian dunia dan akhirat.  Selain berdoa untuk diri sendiri, maka berdoalah juga buat orang lain. Buat orang tua kita sebagai mana yang ada dalam video kejutan di atas. Buat teman, buat anak atau buat negara kita dan bangsa-bangsa lain yang ada di dunia. Mendoakan kebahagian buat orang lain adalah suatu kebahagian dan bila didengar oleh orang yang kita doakan itu akan mendatangkan kebahagian. Maka berdoalah dan doakan saudara-saudaramu.

Oke ya, cukup dulu tipsnya. Semoga tips yang saya tuliskan ini bisa membahagiakan kamu. Bila ada tips berbagi kebahagiaan lain yang kamu miliki. Berbagi dengan saya, ya!
Wassalam. J
Syaiful Bahri

Suara Menara Qalbu (SMQ): 6/25/2016 -  20 Ramadhan 1437 H

Popular posts from this blog

“Kata Sambutan Ngunduh Mantu dari pihak Wanita”

Kata Pembuka dan Sambutan dari Pihak Wanita Saat Menerima Lamaran

“Asal Mula Nama Kue Bohong