"Mengeluh !"

Oleh: Syaiful Bahri

“Sepi, Sulit, Susah,” kalau mau disingkat ketiga kata itu cukup dengan 3S saja, jadi gampang mengingatnya, karena sudah menjadi kebiasaan di negeri ini menyingkat-nyingkat segala sesuatu. Walaupun yang di maksud dari singkatan tersebut tidaklah sama. Persoalannya bukanlah terletak pada singkatan-singkatan itu tapi mengapa kata-kata itu belakangan ini sering sekali penulis dengar. Perkataan itu seolah menjadi kata-kata mujarab bin ajaib untuk menghindar dari masalah yang sebenarnya, Atau menjadi senjata untuk menyudutkan berbagai pihak terlebih kepada sang pembuat kebijakan.


Seperti kemarin malam, seorang kerabat  menelepon menceritakan keadaannya, sudah bekerja jauh meninggalkan keluarganya lebih dari tiga bulan ke daerah lain. Tapi apa yang ia dapatkan tidaklah sesuai dengan yang diharapkan.  Malah ia menerima gaji yang tidak sepantasnya dari pekerjaannya. Hidupnya pun merasa menjadi susah dengan hal itu karena merasa sudah dibohongin. Ia pun berharap ada pekerjaan lain yang bisa ia peroleh buat memenuhi kebutuhan keluarga dan sekolah anaknya. Ia pun menanyakan hal itu kepada penulis.  Tapi hal yang sama juga dialami penulis, Sepi. Sambil tersenyum meringis miris mengingat masih banyak orang lain yang mengalami hal yang sama bahkan lebih sulit dan susah dalam hidupnya.

Ketiga kata itu , tidak hanya keluar dari perkataan orang-orang yang tak mampu saja, tapi orang-orang yang selama ini dikenal dan dianggap memiliki kemampuan financial dan pemilik usaha pun nyaris mengucapkannya. Usahanya sepi, sulit untuk berkembang sehingga membuat susah hati dan pikirannya untuk membayar gaji para karyawan ataupun para pekerjanya. Hingga sebagian mereka mengeluh terhadap sang pembuat kebijakan di negeri ini.

Ah, entahlah penulis hanya mencoba untuk tetap optimis saja. Mencoba hal-hal baru ataupun kembali menggali potensi diri yang terabaikan selama ini. Dan mengembangkannya. Bukankah Tuhan senantiasa bersama hamba-hambanya. Jadi mengeluhlah hanya kepadaNya. Memintahlah petunjukNya agar diri dan keluarga dijauhkan dari segala kesusahan dan kesedihan.

baca juga: Kopi Tanpa Gula

Suara Menara Qalbu (SMQ) / Thursday, February 04, 2016

Popular posts from this blog

“Kata Sambutan Ngunduh Mantu dari pihak Wanita”

Kata Pembuka dan Sambutan dari Pihak Wanita Saat Menerima Lamaran

“Asal Mula Nama Kue Bohong