“Tulisan adalah Jejak Sejarah”

Oleh: Syaiful Bahri

Suka share status? Memang sudah dipikir saat buat status? senang ya kalau ada yang like, lalu koment-koment gitu. Lucunya lagi pake ngelike status sendiri. Pake yang pertama lagi. Hehe… Ia sih.. enggak ada yang ngelarang kita membuat status apapun di media social. Pokoknya asick aja gitu. Walaupun itu sering nyebelin. Sebel, ngeliat dan baca status yang alay dan ngeluh terus.

Ada juga tuh, status yang marah-marah. Tahu tuh, lagi di php in ama si doi, lalu buat status,

“ngambek”

 “ih, dia nyebelin deh.”

 “Awas loo ya, bukan au aja pacar gue.”

Bla…bla….bla……

Hehe…. Aneh-aneh dan lucu. Eh, banyak yang like juga tuh. Memang dipikirin, klik..klik.

Hemm….apapun yang dipikirkan dan dituliskan itu hak pribadi. Sah-sah saja. Nulisnya di akun sendiri. Yang sebel biarin aja deh. Kalau mau ngelike silahkan, yang mau koment ayok…. Terserah ama penilaiannya masing-masing.

Tapi tahukah kamu, di zaman serba digital dan canggih saat sekarang ini. Apapun yang kamu sembunyiin, entar dengan mudah diketahui juga loh. Misalnya kamu ngaku ama pacar barumu engak suka marah-marah, engak suka maki-maki atau enggak pernah nyakitin hati atau alay-alay gitu. Eh, tahunya ketika di lihat di akunmu yang segala macam itu. Dari tahun satu sampai yang baru di buat kemaren tuh, semuanya ngumpul. Statusmu pake alay-alay, keluhan, maki-makian kalau udah benci ama mantan pacarmu. Atau status marah-marah ama bosmu, partaimu, tempat kerjamu, sampe ama presiden yang bukan pilihanmu. Nah, jadi ketahuan kan, Siapa kamu?

Kalau sudah gitu, akan beda jadinya tuh, penilaian calon mertuamu kalau sempat membaca status-statusmu. Atau lihat postingan-postinganmu. Wuih…emang kamu pikirin sebelumnya akan jadi seperti itu? Yang penting suka-sesuka-mu, emosimu semua ada di situ, sampek-sampek segala jenis binatang dan kebun binatangnya pun, ada di statusmu. Hehe….mereka pun jadi mikir untuk jadiin kamu mantu. Jadi mikir nerima kamu di perusahaannya, atau mikir-mikir mau menerima pertemanan dan bersahabat denganmu.

Ada juga tuh yang tiba-tiba menjadi motivator dadakan. Buat status dan tulisan yang keren abis. Ada juga yang meng-update berita dan lokasi tempatnya berada. Pokoknya macem-macem deh yang dituliskan. Mulai dari kegalauan sampek menyesalin nasib, kegelisahan dan umpatan. Rame deh jadinya tu akun, plus koment-koment cabe yang pake manas-manasin.

Enggak apa-apalah jadi motivator dadakan. Itu lebih baik karena tulisanmu (statusmu) bisa buat mikir dan angguk-angguk kepala. Atau cerita-cerita lucumu yang membuat orang jadi senyam-senyum dan tertawa saat membacanya, membuat orang jadi awet muda. Atau berita terbaru yang kamu share, buat orang jadi tahu.

Masih banyak kok yang bisa ditulis. Tapi hati-hati loh kalau keasikan menulis, entar bisa juga mengantarmu ke penjara. Jangan suka pake fitnah atau mencemarkan nama baik orang lain, entar dituntut kayak  si tukang sate.

Tulisanmu pada akun-akun itu adalah jejak sejarah tentang dirimu. Siapa dan bagaimana dirimu dapat dilihat. Tulisan-tulisan itu mencerminkan dirimu. 

Yok….menulis yang sehat.  Tulisan yang memberi manfaat.

By: Syaiful Bahri

Suara Menara Qalbu (SMQ) – 30 November 2014

Popular posts from this blog

“Kata Sambutan Ngunduh Mantu dari pihak Wanita”

Kata Pembuka dan Sambutan dari Pihak Wanita Saat Menerima Lamaran

“Asal Mula Nama Kue Bohong