“Tips Bersyukur Ditengah Ketiadaan”

Oleh : Syaiful Bahri


Apa itu ketiadaan? Ketiadaan  adalah ketika  tidak memiliki sesuatu  yang dibutuhkan.  Ketiadaan adalah ketika seseorang tidak memiliki apapun yang sangat ia butuhkan dalam suatu waktu, tapi ia tidak ingin orang lain tahu. Umumnya orang akan mengeluh susah karena tidak memiliki uang. Karena uang baginya adalah segalanya. Orang akan merasa lebih nyaman jika punya uang, kebutuhannya dapat dengan mudah dipenuhinya. Sungguh berapa banyak orang yang mencuri, merampok dan mengambil milik orang lain karena tidak punya uang . Mereka menjadi nekad hingga menghilangkan nyawa orang lain karena mereka butuh uang. Dengan uang, semua masalah seolah dapat diatasi. Memberikan kesenangan dan kegembiraan. Walaupun cara mendapatkannya salah.

Memang ada, orang yang bersyukur ditengah ketiadaan? Jawabnya ada. Tapi golongan mereka tidak banyak.  Mereka selalu menyembunyikan keadaan mereka yang sebenarnya. Dan tidak ada orang yang tahu. Karena mereka memang tidak pernah mengeluh. Mereka selalu menjaga harga dirinya. Tidak mau dikasihani orang lain. Keinginan untuk memberi selalu ada di hati mereka. Mereka akan menjadi sedih jika tidak bisa menolong orang lain yang butuh bantuan mereka. Orang senantiasa mengira mereka selalu ada, punya materi yang cukup, dan tidak pernah hidup susah.

Mereka selalu memiliki harapan. Tidak mudah putus asa. Ketiadaan yang ada pada mereka tidak membuat mereka menyerah. Namun terus tetap berusaha. Karena mereka meyakini bahwa Tuhan ada bersama mereka dan tidak pernah tidur. Mereka meyakini Tuhan akan menolong mereka. Dibalik kesulitan selalu ada kemudahan. Aib bagi mereka untuk meminta-minta. Mereka senantiasa bersyukur.

Nah, bagaimana tips bersyukur ditengah ketiadaan itu? Ini penting untuk anda ketahui. Selain dari apa yang sudah saya tuliskan di “Tips Menjadi Kuat”, anda akan merasa lebih bahagia dan mendapat ketenangan batin dalam menyikapi persoalan hidup yang semakin kompleks saat sekarang ini.

1.Selalulah berpikir positip
Jadilah orang pertama yang melihat setiap peristiwa ditengah kehidupan selalu ada hikmahnya. Jika anda ditimpa suatu musibah yakinilah bahwa Tuhan sedang memperhatikan anda. Tuhan seakan sedang berkata kepada anda dari peristiwa yang sedang terjadi. Boleh jadi Tuhan sedang merencanakan sesuatu yang lebih baik untuk anda.

2.Belajar dari kehidupan Orang lain
Bukalah hati anda untuk mau melihat bagaimana kehidupan orang lain. Orang-orang yang ada disekitar anda, pengalaman-pengalaman mereka. Mengapa hidup yang mereka jalani bisa bahagia ataupun yang terus menerus merasakan kesusahan dalam hidupnya. Bagaimana orang-orang tersebut menyikapinya. Anda bisa belajar banyak jika anda mau membuka mata dan telinga anda.

3.Menghargai apa yang anda miliki
Banyak dan sedikit yang anda miliki, tinggi dan rendah jabatan yang sedang anda duduki, luas dan sempit rumah yang anda tempati. Hendaknya anda selalu hargai jika dibandingkan dengan orang lain yang tidak memiliki apapun sama sekali. Jikapun anda tidak memiliki sesuatu sama sekali, tapi percayalah masih ada orang lain yang masih lebih sulit dari anda.

4.Dengarkan keluhan orang lain
Jangan pernah mengabaikan orang lain yang ingin membagi ceritanya kepada anda. Dengarkan keluhan mereka. Anda beruntung dipilihnya untuk berbagi cerita keluhan-keluhan tentang kesusahan hidup yang menimpanya. Bandingkan dengan diri anda sendiri. Oh…ternyata masih ada orang lain yang lebih sulit dan susah hidpnya. Jadi bersyukurlah.

5.Berbagilah dari sisa yang anda miliki
Jika anda mau berbagi sesuatu kepada orang lain padahal anda sendiri sedang membutuhkannya. Anda sungguh sangat beruntung masih bisa memberi ditengah kesulitan yang sedang anda alami. Maka bersyukurlah.

6.Jangan mengeluh
Belum tentu semua orang suka dan mau mendengarkan cerita-cerita kesulitan anda. Justru mereka akan merendahkan anda. Maka tahanlah diri anda untuk tidak selalu menceritakan kesusahan-kesusahan anda dan mengeluhkannya kepada mereka. Teruslah berusaha sekuat tenaga untuk keluar dari kesulitan anda, hal itu  lebih menjaga harga diri anda.

7.Mendekatlah kepada Tuhan
Tak ada seorangpun yang lebih tahu kebutuhan-kebutuhan anda selain dari Allah Swt. Dia yang maha tahu, maha kaya dan maha kuasa untuk menolong anda. Mintalah pertolongan hanya kepadaNYA. Dialah yang akan memberikan jalan keluar kepada anda, dan bersyukurlah ditengah ketiadaan anda sekarang, karena masih diberikan hidayah untuk senantiasa ingat kepadaNya.

Itulah beberapa tips untuk selalu senantiasa bersyukur ditengah ketiadaan yang kita miliki. Kita tidak akan pernah kehilangan harga diri. Bukankah Allah pernah berjanji bagi mereka yang bersyukur maka Allah akan memberikan nikmat yang lebih banyak kepadanya. Jadi buat anda yang saat ini masih merasa belum memiliki sesuatu apapun yang diinginkan. Bersyukurlah karena anda masih memiliki iman. J
By: Syaiful Bahri  7/23/2014
suaramenaraqalbu.blogspot.com




Popular posts from this blog

“Kata Sambutan Ngunduh Mantu dari pihak Wanita”

Kata Pembuka dan Sambutan dari Pihak Wanita Saat Menerima Lamaran

“Asal Mula Nama Kue Bohong