" Tips Tidak Bengong saat Menganggur”


Oleh : Syaiful Bahri
 Bengong merupakan suatu aktivitas yang  tidak lucu yang dilakukan oleh seseorang saat sedang berdiam. Bengong tidak hanya dilakukan karena seseorang sedang tidak melakukan aktivitas. Tapi sebenarnya bengong itu sendiri merupakan sebuah aktivitas yang banyak menyita waktu dan membuangnya secara sia-sia. Aktivitas bengong lebih umum dilakukan oleh orang-orang yang sedang menganggur.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari bengong. Karena orang bengong sering dicap sebagai Si Pemalas. Pelamun tanpa batas, Pengkhayal tanpa waktu. Patung bernafas. Orang yang sedang bengong juga memiliki gaya masing-masing. Namun secara umum mereka lebih banyak duduk-duduk. Mengabaikan sekitarnya dan tak memiliki kepedulian terhadap orang lain. Wajah mereka seperti terlihat bodoh dengan mulut melompong, dengan tatapan mata yang kosong.

Jika anda kebetulan melihat orang yang sedang bengong. Tentu ada perasaan yang menggelitik untuk menggoda orang tersebut. Dengan mengejutkannya, misalnya. Orang yang sedang bengong tentu akan merasa terkejut dan berupaya untuk tersenyum kepada anda. Namun jika anda melihat orang yang dalam kesehariannya dari waktu ke waktu terus menerus duduk-duduk dan bengong, Tentu ada perasaan aneh dan heran melihatnya. Anda mungkin akan merasa kesal atau marah melihat aktivitas orang itu. Atau anda menduga-duga tentang kesehatan jiwa orang tersebut. Nah, untuk menghindari berbagai prasangka buruk yang ada dipikiran orang lain tentang anda. Ada baiknya anda melakukan berbagai aktivitas yang saya rangkum dalam 7 macam tips untuk menghindari bengong saat menganggur.

1.Mencuci
Kegiatan mencuci sudah dilakukan orang berabad-abad lalu. Membuang sesuatu yang kotor dengan sesuatu yang dapat membersihkannya. Aktivitas mencuci mudah dilakukan. Nah, kalau anda sedang menganggur cucilah baju-baju anda yang sudah kotor, jangan dibiarkan menumpuk di dalam keranjang atau bergantungan di balik pintu. Anda bisa melakukannya untuk diri anda sendiri. Atau anda ingin berbaik hati, maka cuci juga baju-baju saudara anda yang lainnya. Bila mereka berbaik hati kepada anda, anda akan dipercaya untuk mencuci baju mereka dan mendapatkan kebutuhan anda secara gratis. Artinya anda tidak akan menganggur lagi dihari-hari berikutnya.

 2.Membaca
Jangan biarkan pikiran anda ikut menganggur di saat anda sedang menganggur. Lakukan aktivitas membaca setiap harinya. Anda bisa mengatur kapan saja waktunya. Sediakan buku-buku ditempat anda biasa duduk atau istirahat. Koran pagi menjadi santapan pembuka. Cari berita dan informasi terkini yang menjadi perbincangan hangat. anda akan mendapatkan pengetahuan baru setiap harinya. Wawasan anda akan semakin luas dan bertambah. Anda juga bisa melihat info lowongan kerja terbaru. Pikiran anda jadi bekerja dan mendapat pemahaman baru bahwa mengganggur bukanlah duduk ,diam dan bengong. Tapi kesempatan untuk belajar.

3.Menulis
Segeralah mengambil alat tulis atau ballpoint jika anda mendapatkan ide dan gagasan baru yang tiba-tiba muncul dalam pikiran anda. Tuliskan dalam secarik kertas atau buku. Jangan lewatkan ide-ide itu. Anda lanjutkan aktivitas menulis. Tulis apa saja yang berkaitan dengan gagasan anda. Walaupun anda tidak memiliki ide-ide baru. Sebaiknya aktivitas menulis jangan anda lewatkan begitu saja dalam keseharian anda. Ambillah waktu yang tepat menurut anda setiap harinya untuk menulis beberapa lembar. Misalnya tentang apa saja yang anda bisa lakukan disaat sedang menganggur. Menulis menghindari diri anda dari kebengongan. Karena disaat anda menulis pikiran anda berjalan dan semakin hari terus akan berkembang. Siapa tahu ketika anda mengganggur, tahu-tahu anda berhasil melahirkan puluhan atau ratusan lembar tulisan yang bisa anda jadikan sebuah buku atau anda tiba-tiba menemukan bakat anda yang sebenarnya menjadi seorang penulis.

4.Mendengar Musik
Salah satu sumber kebahagiaan adalah disaat kita mendapatkan waktu dan kesempatan untuk menikmati yang namanya musik. Pilihlah musik-musik yang menjadi kesukaan anda. Diwaktu anda sedang mengganggur hibur diri anda dengan mendengar musik. Nikmati dan rasakan alunan nadanya. Dengarkan syairnya. Siapa tahu memberi inspirasi bagi anda untuk dapat mengubah dunia lewat music. Minimal dapat mengubah hidup anda terhindar dari stress dan kebengongan. Mendengar music juga dapat memotivasi anda. Tubuh anda bisa bergerak, berteriak, berjingkrak sesuai alunan music dan lagu yang anda dengar. Anda menjadi lebih lucu dan menghibur orang lain yang melihatnya. Siapa tahu ada orang yang lewat dan kemudian melemparkan beberapa koin untuk anda?.

5.Menonton Televisi
Saya tidak menyarankan anda untuk menonton televisi berlama-lama. Jika itu terjadi sama halnya anda membunuh waktu anda. Waktu sama dengan kehidupan. Karena anda hidup dalam waktu yang sedang berjalan.  Jangan habiskan hidup anda berlama-lama di depan televisi. Tapi tontonlah acara-acara bermutu dan berkwalitas, seperti melihat berita, kisah kehidupan orang-orang sukses dan memberi inspirasi, para motivator dan inspirator.  Segera batasi waktunya. Siapa tahu suatu saat nanti anda menjadi bagian dari orang-orang yang dapat memberi inspirasi bagi orang-orang lainnya. Bukankah roda terus berputar. Apa yang terjadi dengan diri orang lain siapa tahu suatu hari nanti itu akan terjadi pada diri anda? Maka bukalah mata anda untuk melihat sekeliling anda. Boleh jadi saat ini anda sedang menjadi sorotan mereka.

6.Menggenggam Internet
Kenali internet. Melek internet akan merubah gaya hidup anda, cara berpikir anda dan pemahaman anda dalam memandang kehidupan. Anda seolah berada di dunia tanpa batas. Dunia seakan berada digenggaman tangan anda. Cari tahu dan segalanya ada disana. Apa yang anda inginkan dengan mudah anda dapatkan. Wow, ini keren bagi anda. Anda dipastikan tidak akan terbengong-bengong lagi duduk sendirian disaat sedang menganggur. Aktivitas ini dapat anda lakukan dimana saja. Tentunya anda harus memiliki sarana untuk itu. Anda tidak akan dilanda kesepian apalagi waktu untuk bengong. Anda akan terlihat menjadi lebih smart, pintar saat asyik internetan. Namun berinternetlah yang positip. Siapa tahu anda menjadi salah seorang pengguna internet yang meyumbang tips-tips menganggur menjadi lebih baik.

7.Berjalan-jalan
Jangan ijinkan diri anda untuk berlama-lama duduk dan berdiam diri. Berjalan-jalan menjadi salah satu cara untuk menghindari kebengongan. Bengong saat duduk sendiri dan berlarut-larut dapat menimbulkan penyakit dan gangguan mental. Tapi bengong disaat berjalan-jalan melihat sesuatu yang aneh menimbulkan kesadaran dalam diri anda bahwa banyak hal yang tidak anda ketahui. Dan menjadi sumber pelajaran dan pengetahuan bagi anda. Apakah anda  berjala-jalan di taman, di mall-mall, pajak-pajak tradisional. Atau sekedar berjalan-jalan untuk berjumpa dengan para tetangga, teman atau sahabat anda. Siapa tahu lewat mereka anda mendapatkan info penting untuk memasukkan proposal atau CV anda ke perusahaan mereka?.

Oke. Buat anda yang sudah membaca ke tujuh tips diatas. Saran saya selanjutnya kepada anda lakukan segera seperti saat sekarang ini. Anda membaca dan mulailah menulis dengan tips-tips lain yang anda punya. Terima kasih.

Baca Juga: Tak Mampu Mengejar

By : Syaiful Bahri   (5/2/2014)





Popular posts from this blog

“Kata Sambutan Ngunduh Mantu dari pihak Wanita”

Kata Pembuka dan Sambutan dari Pihak Wanita Saat Menerima Lamaran

“Asal Mula Nama Kue Bohong